Backlink yang Disukai Google

Perlu diketahui, jika website anda memiliki sejumlah backlink yang disukai Google, maka hal tersebut bisa menunjang optimasi dalam menaikkan SERP (Search Engine Result Page). Sebagaimana yang kita tahu, beberapa waktu terakhir ini google seringkali mengubah algoritma-nya sehingga memaksa pengelola website bekerja keras menemukan optimasi alternatif. Model-model backlink massal menggunakan software secara otomatis, saat ini sudah ditinggalkan, karena tidak efektif lagi dan beralih ke penggunaan backlink manual.



 
Namun sayangnya, terkait masalah backling, saat ini banyak blogger yang belum mengetahui karakteristik backlink yang disukai Google. Nah, untuk berikut kami bagikan beberapa kriteria backlink yang disukai Google yang bisa Anda terapkan.

Beberapa Kriteria Backlink yang Disukai Google
1.    Relevan dengan Konten Website
Saat ini Google lebih memprioritaskan keorisinilan konten website atau blog dan relevan dengan topik. Adanya tautan dalam situs web juga membuat pengunjung lebih tertarik untuk menjelajahi laman tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi seorang pengelola website memastikan bahwa backlink yang tertulis telah sesuai dengan niche-nya.
2.    Ada Contextual Link yang Sesuai dengan Konten
Contextual link adalah sebuah tautan yang ada di dalam konten. Bentuk contextual link ini umumnya sama dengan teks dalam artikel. Jenis backlink ini lebih disukai Google karena memiliki kaitan yang kuat dengan topik pembahasan dari isi artikel yang disajikan. Jika contextual link yang tertera semakin relevan dan natural, maka akan semakin besar Google mengindeks website Anda.
3.    Domain Pagerank yang Tinggi
Google juga menyukai backlink yang berasal dari pagerank yang tinggi. Bahkan Google kerap memberikan penghargaan bagi website yang memiliki authority maupun trusted yang tinggi. Sayangnya, pagerank telah berhenti beroperasi sejak 2012, maka Domain Authority and Page Authority pun digunakan untuk indikator penilaian authority situs website.
4.    Berumur
Backlink yang disukai Google selanjutnya adalah yang sudah berumur. Semakin berumur semakin terpercaya. Website yang telah memiliki 4 – 5 pagerank biasanya adalah website-website yang telah berumur tahunan. Mendapatkan backlink dari domain atau situs website yang sudah berumur akan menguntungkan daripada berasal dari website baru.
5.    Eksistensi Website dengan Trafik Tinggi
Website yang memiliki trafik tinggi lebih menjamin dibandingkan dengan website yang jarang dikunjungi, walaupun ini bukan jaminan 100%. Dengan banyaknya jumlah pengunjung, akan berdampak terhadap backlink yang disematkan dalam konten artikelnya. Tautan itulah yang akan diklik pengunjung untuk mengetahui informasi terkait yang membuat mereka penasaran.
6.    Dapat Diakses dengan IP Address yang Berbeda
Peringkat website di Google dipengaruhi oleh backlink dari situs web yang memiliki hosting dan IP Address berbeda. Jenis backlink ini sangat disukai Google dan dianggap terpercaya, karena bukan merupakan hasil manipulasi.
7.    Menyertakan Dofollow Attribute
Apa itu Dofollow Attribute? Dofollow Atribute adalah sebuah tautan yang dihitung oleh Google sebagai bentuk vote pada website. Meskipun Anda memiliki banyak backlink, tetapi tidak menyertakan Dofollow ini, maka kemungkinan Google mengindeks website Anda pun semakin kecil.
8.    Menerapkan Sistem One Way Link
Dulu para blogger seringkali melakukan link exchange (bertukar tautan) dengan tujuan berbagi informasi untuk menaikkan pagerank. Sayangnya, cara tersebut sudah tidak dilakukan lagi, karena dianggap ketinggalan zaman. Nah, sebagai penggantinya one way link dianggap sangat bersahabat dengan algoritma Google saat ini. Hal ini juga lebih efektif dalam memperoleh backlink.
9.    Menerapkan Low Outbound Link
Backlink yang disukai Google terakhir yakni low outbound link.  Memperoleh backlink dengan outbound link dalam jumlah yang banyak justru dapat mengurangi efektivitas backlink yang sebenarnya. Hal ini karena harus dibagi dengan link lain dalam satu halaman website yang sama. Namun, jika Anda menerapkan low outbound link, maka backlink yang diperoleh akan jauh lebih kuat karena link juice-nya dapat langsung masuk website tanpa dibagi ke link-link yang lain.
Bagaimana, sekarang sudah ada gambaran kan mengenai beragam kriteria backlink yang disukai Google. Nah, silahkan dicoba.

0 Response to "Backlink yang Disukai Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel