Cara Memperbaiki Bootloop Pada Samsung J5 2015

Kreatifid.com - Seringkali kita dengar banyak pengguna smartphone khususnya pengguna Samsung yang mengalami kejadian Bootloop. Apa sih sebenarnya Bootloop itu? sedikit penjelasan yang dimaksud Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.


Pembahasan yang akan saya ulas kali ini mengenai kasus Bootloop pada Samsung J500G.  Berhubung saya menggunakan Samsung J500G dan sudah pernah melakukan flashing dan pernah kejadian Bootloop juga maka akan saya share pengalaman saya ini semoga bisa bermanfaat untuk yang sedang mengalami Bootloop. Ada beberapa cara yang bisa sobat coba dibawah ini :

#Ujicoba 1 : Atasi bootloop dengan melalui recovery Mode / Hard Reset

 
Sobat bisa menggunakan Recovery mode atau fast Boot. Biasanya recovery mode sudah di bekali disetiap jenis smartphone namun untuk pengaksesannya berbeda-beda.  Untuk cara Recovery mode pada Samsung J500G
 
Ini adalah Fitur Recovery mode pada Samsung J500G sebagai berikut:
  • Wipe Data / Factory Data Reset : Untuk mereset data Smartphone Android.
  • Install / Apply Update From Sdcard : Untuk menginstall/memilih file pada SD Card.
  • Wipe Cache : Untuk menghapus cache/ file sampah Android
  • Reboot System Now : Untuk reboot/ Restart Android.
Cara penerapannya sebagai berikut :
  • Matikan Hp samsung J5 sobat dan hidupkan kembali dengan menekan Tombol "power - Volume down- Menu " secara bersamaan.
  • Setelah masuk dan muncul logo samsung J5 lepaskan Ketiga tombol tersebut dan tunggu hingga masuk ke recovery mode.
  • Setelah berada di menu recovery mode Samsung J5, Tekan tombol volume down sampai di wipe data factory reset.
  • Tekan tombol power untuk memilih wipe data factory reset.
  • Konfirmasi pilih yes - delete all user data.
  • Pilih reboot system now.
Jika sudah berhasil sobat akan diarahkan ke proses registrasi ulang HP samsung J5 sobat seperti pertama kali beli baru. lakukan proses setting dan ikuti langkkahnya sampai selesai dan HP sobat akan kembali normal, akan tetapi semua data yang berada dalam Sdcard internal akan hilang / Terhapus.

# Cara Kedua : Mengatasi Bootloop pada HP samsung J5 dengan cara Flash Ulang.

Cara ini sobat harus menggunakan alat bantu berupa PC komputer dan beberapa bahan yang di butuhkan dengan melakukan download beberapa tools yang diperlukan. Proses Flash Ulang ini menjadi salah satu solusi terakhir sobat yang  sedang mengalami Bootloop, bisa itu karena HP sering panas, kena virus, malware dan yang lainnya.

#Ujicoba 2 : Atasi bootloop dengan melalui ODIN dan OTA.

Download ODIN Berfungsi sebagai pihak ketiga melakukan proses installasi Stok ROM / firmware kedalam HP samsung J5 sobat di [https://samsungodin.com].
Download USB Driver berfungsi sebagai adapter mendeteksi perangkat Hp samsung yang terhubung pada komputer atau Laptop [http://developer.samsung.com/galaxy/others/android-usb-driver-for-windows].

Download Firmware Samsung J5 SM J500G/ Stock ROM yang berfungsi sebagai software yang akan dinstall kedalam Hp samsung J5 sobat yang di kenal sebagai sistem oprasi dalam hal ini Android "https://www.sammobile.com/firmwares/galaxy-j5/SM-J500G/XID/download/J500GXXU1BQE1/168783/
"semua file yang sudah didownload kumpulkan menjadi satu folder agar mempermudah pencarian serta extrak file firmwarenya".
Cara penerapannya :
  • Install USB Driver samsung yang sudah sobat download pada komputer.
  • Masuk ke Download mode Samsung J5 dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan sampai muncul peringantan Warning
  • Selanjutnya tekan tombol Volume Up satu kali untuk melanjutkan masuk ke Download mode Samsung J5.
  • Sambungkan Samsung J5 ke komputer menggunakan kabel USB saya merekomendasikan gunakan kabel data Original untuk menghindari kegagalan Flash.
  • Apabila sudah terhubung dengan komputer,Buka Odin.
  • Untuk  memastikan bahwa Hp Samsung J5 yang akan di flash sudah terdeteksi Odin.
  • Masukkan / Load Frimeware / stock ROM Samsung Galaxy J5 ke ODIn dengan cara klik pada tab AP di Odin3 v3.10.7 dan load firmware Samsung Galaxy J5 yang sudah di ekstrak di komputer sobat.
  • Klik START untuk memulai proses flash.
  • Setelah proses flash Samsung J5 via Odin3 v3.10.7 sudah selesai Anda akan melihat tulisan PASS  menandakan selesai sempurna.
  • Proses flash Samsung J5 telah berhasil dengan adanya pesan pass dari ODIN.
    Lepas kabel USB dan nyalakan Samsung J5 dan silahkan restart HP samsung J5 sobat.
    Silahkan lakukan registrasi ulang smartphone sobat, setelah selesai flashing hp sobat akan di reset ulang sehingga kondisi hp kembali seperti smartphone baru. Silahkan ikuti langkah registrasinya hingga selesai dan hp sobat kembali normal.
Demikian lah Cara Memperbaiki Bootloop Pada Samsung J5 2015 semoga ini bermanfaat ya dan tidak ada lagi kejadian Bootloop pada Samsung J500G sobat. terima kasih

0 Response to "Cara Memperbaiki Bootloop Pada Samsung J5 2015"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel